Monday, December 10, 2018

Fisika Dasar : Soal dan jawaban Hukum Newton Kedua dengan gesekan Part 2

Hai ... hai ... selamat datang di eroniana.

yah gimana kabarnya hari ini para teman-teman eronian? ya semoga semakin baik saja ya ( meski kadang selesai ujian akhir semuanya tidak baik-baik haha ). Pada postingan kali ini aku mau bagikan ke kalian nih dua contoh soal lagi tentang hukum newton kedua yang berhubungan dengan gesekan, nah semoga saja postingan kali ini bisa menjadi tambahan referensi bagi kalian untuk menyelesaikan soal-soal yang mungkin datang di ujian berikutnya ( ikhlaskan ujian kali ini, tenang aku juga pernah merasakan apa yang kalian rasa haha )

Nah sekian pembukaannya ... bagi kalian yang mau membaca postingan yang pertama, langsung klik saja ya dibawah ini

1. Fisika Dasar : soal dan jawaban Hukum Newton dengan Gesekan ( klik )

Selamat Membaca :D


Soal Pertama

         Perhatikan Gambar dibawah ini, ada dua buah kotak yaitu kotak A dan kotak B yang saling terhubung dengan tali tak bermassa. Lantai dibawah kotak B memiliki koefisien gesek dengan besar 0,25. Bila kita ingin kotak B tidak terseret dan jatuh tentukan berat maksimal dari A apabila berat dari B adalah 711 N dan sudut yang dibentuk T2 adalah 30 derajat.


Untuk memecahkan permasalahan ini hal yang dapat kita lakukan adalah dengan mengerjakan persamaan untuk kotak B dan kotak A secara terpisah, kemudian mensubtitusikan hasil dari persamaan yang kita dapat. 


Nah sekarang kita sudah dapat berat maksimal dari kotak A, tidak terlalu sulit kan ( ya...karena soal yang di post memang dicari yang tidak rumit ... haha )




Soal Kedua



       Baiklah sekarang kita akan mengerjakan soal kedua. Perhatikan gambar dibawah, sama seperti sebelumnya kita memiliki kotak A dan kotak B namun sekarang kotak B berada pada bidang miring dengan sudut tertentu. Hal yang ingin kita ketahui adalah bentuk persamaan dari percepatan sistem yang kita tinjau. Keterangan tambahan: massa B > massa A dan W=mg



Pada dasarnya untuk persoalan fisika sederhana, cara pengerjaan untuk soal-soal semacam  ini adalah dengan mengerjakan masing-masing benda yang kita tinjau ( kalau kata guruku istilah lainnya itu kita buat free bodynya ). Yah sama seperti sebelumnya kita selesaikan masing-masing kotak A dan kotak B.


Dengan usaha yang lumayan akhirnya kita dapatkan persamaan a sama seperti pengerjaan diatas. Yah karena yang di tanyakan adalah bentuk persamaan jadi tidak perlu diubah-ubah lagi ... oke.


Baiklah aku rasa itu saja yang dapat aku bagikan pada postingan kali ini, aku harap ini dapat berguna bai kalian yang baru belajar fisika, dan bagi teman-teman yang sedang cari-cari referensi untuk contekan ujian berikutnya, eh maksudnya referensi untuk belajar untuk ujian berikutnya ... hehe.

oh iya jangan lupa bagikan postingan ini ya keteman-teman kalian ... agar semakin banyak terbagi ilmu yang baik ke semua orang ... sekian dari aku, eron sampai jumpa lagi di postingan eroniana.com selanjutnya

Penulis: @raditiya_99 ( instagram )
Share:

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Follow by Email

Calculus

Translate

Kategori

Energi Kinetik dan Kerja ( work ) : Soal dan Pembahasan

Heyyo selamat datang di eroniana, apa kabar kalian? semoga baik-baik saja ya. Baiklah pada postingan kali ini aku mau mengerjakan contoh so...