Saturday, December 22, 2018

Fisika Dasar : Soal dan Pembahasan, Hukum Newton dengan Gesekan part 4

Hai...hai...selamat datang di eroniana...

pada postingan kali ini aku sekali lagi akan membagikan ke kalian dua pembahasan tentang soal yang berkaitan dengan gesekan pada hukum newton, nah bagi kalian yang ingin melihat beberapa contoh soal sebelumnya dapat melihat dulu dilink dibawah ini :

1. Fisika Dasar : Soal dan Pembahasan, Hukum Newton dengan gesekan ( Part 1)
2. Fisika Dasar : Soal dan Pembahasan, Hukum Newton dengan gesekan ( Part 2)
3. Fisika Dasar : Soal dan Pembahasan, Hukum Newton dengan gesekan ( Part 3)

baiklah, sebelum kita memulai pembahasannya aku ingin memberitahu kalian bahwa kalian dapat terus mendapat update postingan terbaru dari eroniana.com dengan cara klik berlangganan/subscribe pada tulisan yang ada. Nah nanti setiap postingan baru akan langsung dikirimkan ke email kalian.

Soal 1

dua buah balok bermassa mA dan mB  ( mA=16 kg dan mB=88 kg) saling terhubung seperti digambar. Koefisien gesek statis antara balok A dan balok B adalah sebesar 0,38 tetapi lantai yang dilalui licin. Berapakah besar gaya minimal yang diberikan untuk sistem itu agar balok A tidak meluncur ke bawah ?


Untuk menyelesaikan permasalahan ini perlu dua langka yang dilakukan, pertama kita cari terlebih dahulu bentuk persamaan gaya yang berkerja pada sistem secara keseluruhan dan yang kedua adalah kita tinjau balok A dan gaya yang berkerja padanya. Mari kita selesaikan yang pertama :


nah dari sistem secara keseluruhan kita dapatkan bentuk a (percepatan dari sistem tersebut), selanjutnya adalah meninjau balok A:


dari persamaan a yang didapat sebelumnya kita subtitusikan sehingga didapat persamaan seperti diatas, dan langkah penyelesaiannya adalah kita cari bentuk dari F dan subtitusikan seluruh nilai yang telah diketahui sebelumnya


Dengan demikian kita dapatkan gaya yang harus diberikan adalah sebesar F = 490 N , nah sederhanakan ... sekarang mari kita lanjut ke soal yang kedua :D


Soal 2

pada soal kedua ini kita akan membahas tentang Drag Force dan kecepatan terminal. Kita tinjau sebuah titik hujan (tetesan air) yang jatuh dari ketinggian h = 1200 m dan jari-jari dari tetesan hujan ini adalah sebesar R = 1.5 mm. Jika koefisien Drag C untuk kasus ini adalah 0.6 , kerapatn air 1000 kg/m^3 , dan kerapatan udara 1.2 kg/m^3. Tentukan kecepatan terminal dari tetesan hujan tersebut.


Untuk menyelesaikan permasalahan ini kita cari dulu berat dari tetesan hujan yang menganggap bila tetesan tersebut berbentuk bola utuh, sehingga kita dapat menentukan V air sebagai V bola, selanjutnya kita masukan berat yang kita dapat ke persamaan total gaya pada arah y terminal


pada saat keadaan terminal a = 0 dan gaya terminal D dapat dituliskan seperti diatas ... yah sebenarnya ada mungkin ada penurunan untuk bentuk D nya tapi masih dalam masa pencarian hehe ... sekarang kita cari bentuk keceptannya :


nah sekarang kita sudah dapatkan bentuk kecepatan terminal dari tetesan hujan tersebut, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memesukan konstanta-konstanta yang telahdiketahui disoal, hasil dari kecepatan terminal v = 7,4 m/s

Nah itu saja yang dapat aku bagikan pada postingan kali ini semoga dapat bermanfaat dan berguna ya, oh ya jangan lupa share dan subcribe blog eroniana untuk mendapat update terbaru tentang soal fisika dasar dan fisika SMA yang lainnya ... sampai jumpa di postingan selanjutnya.

penulis : @raditiya99 ( instagram )
Share:

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Follow by Email

Calculus

Translate

Kategori

Energi Kinetik dan Kerja ( work ) : Soal dan Pembahasan

Heyyo selamat datang di eroniana, apa kabar kalian? semoga baik-baik saja ya. Baiklah pada postingan kali ini aku mau mengerjakan contoh so...