Wednesday, December 12, 2018

Fisika Dasar : Soal dan Pembahasan, Hukum Kedua Newton dengan Gesekan Part 3

Halooo, selamat datang di eroniana ...

Apa kabar nih para Saintis muda Indonesia ? Semoga baik-baik saja ya ... Baiklah pada postingan kali ini saya akan bagikan ke kalian dua contoh soal dan pembahasan dari hukum kedua Newton, yang dimana gesekan juga diperhitungkan pada kedua soal ini (yah meskipun yang dikerjakan masih soal-soal yang sederhana ... hehe). Postingan kali ini adalah bagian ketiga dari Soal dan Pembahasan Hukum Kedua Newton dengan Gesekan. Nah bagi kalian yang mau melihat beberapa soal sebelumnya kalian dapat klik salah satu dari beberapa postingan sebelumnya di bawah :

1. Soal tentang Hukum newton dengan gesekan  ( part 1 )

2. Soal tentang Hukum newton dengan gesekan  ( part 2 )


Bagi kalian yang ingin bertanya silahkan tanyakan pertanyaan kalian di kolom komentar ya, baiklah tanpa berlama-lama lagi mari kita mulai pembahasan soal yang pertama.


Soal Pertama

          Perhatikan gambar di bawah ini, ada tiga buah kotak dengan massa yang berbeda-beda yaitu kotak A dengan berat Wa, kotak B dengan berat Wb, dan kotak C dengan berat Wc. apabila kita inginkan kotak A dan C ini tidak tertarik kebawah, tentukan besarnya Wc (berat C) bila Wa = 44N dan Wb = 22 N dan koefisien gesek startis adalah sebesar 0,2 ( diketahui W=mg )


Di gambar, T merupakan tegangan tali, pada soal ini tegangan tali yang diatas dan dibawah sama karena massa dari katrol diabaikan. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, hal yang harus kita lakukan adalah dengan mengurai gaya-gaya yang ada dan mengerjakannya secara terpisah ( tinjau satu persatu sistem kotaknya )


dari masing-masing kotak A,C dan kotak B kita dapat persamaan T, dikarenakan T kiri dan T kanan itu sama saja jadi kita bisa tuliskan kedua persamaan yang kita dapat menjadi seeperti dibawah :

nah sekarang kita dapat berat dari C, yang dibutuhkan untuk tetap membuat kotak A dan kotak C terseret.

oke, mari kita lanjut soal nomor 2


Soal Kedua

          Ada dua buah kotak yang terletak pada bidang miring seperti gambar dibawah, kedua kotak ini masing-masing memiliki berat A dan berat B dan terhubung dengan seutas kawat tak bermassa. Bila koefisien gesek kedua kotak ini berbeda dan berat kedua kotak ini berbeda, tentukan bentuk persamaan dari percepatan sistem ini :


Untuk menyelesaikan permasalahan ini cara yang sama dilakukan seperti soal yang pertama, yaitu mengurai gaya-gaya dan menyelesaikannya secara terpisah dan melakukan subtitusi kepada persamaan akhir yang didapat.


T merupakan tegangan tali, dan besarnya sama untuk kotak A dan kotak B. sehingga dapat kita samakan bagian kiri dan bagian kanan.


dengan W= mg maka kita bisa dapatkan bentuk persamaan a ( percepatan )


Baiklah  itu saja yang dapat saya bagikan kali ini semoga saja dapat bermanfaat, dan berguna terutama untuk teman-teman yang masih duduk di SMA maupun teman-teman yang sekarang baru masuk di Universitas ( kadang-kadang soal seperti ini keluar di ujian ... percayalah hahaha ). Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa bagikan postingan ini ke teman-teman kalian yooo, dan maaf bila ada salah-salah kata, atau memang ada yang salah

bagi kalian yang ingin lihat versi videonya ada dibawah ini :

penulis : @raditiya_99 ( instagram )
Share:

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Follow by Email

Calculus

Translate

Kategori

Energi Kinetik dan Kerja ( work ) : Soal dan Pembahasan

Heyyo selamat datang di eroniana, apa kabar kalian? semoga baik-baik saja ya. Baiklah pada postingan kali ini aku mau mengerjakan contoh so...