Saturday, December 29, 2018

Energi Kinetik dan Kerja (work) : teori

Hallo selamat datang di eroniana, pada postingan kali ini kita akan sama-sama menurunkan persamaan dari kerja yang berhubungan dengan gaya, nah bagi kalian yang mau mencari referensi tambahan tentang gaya maka kalian dapat membaca postingan sebelumnya.

Pembahasan tiga hukum Newton ( klik )

Energi Kinetik dan Kerja 


Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang energi kinetic dan kerja dalam fisika klasik. Pertanyaan yang terbesar dari masalah ini adalah, sebenarnya apa itu energi ? Hal ini adalah hal yang sangat mendasar namun mungkin sedikit sulit untuk dijelaskan, secara teknis Energi adalah besaran scalar yang bersesuaian dengan keadaan dari satu atau lebih objek yang dimana energi ini bisa saja membuat objek atau system ini bergerak ataupun hanya merubah kondisi dari objek tersebut ( salah satu cara membayangkan energi ini adalah sesuatu yang dapat kalian gunakan untuk bergerak contohnya adalah saat bergerak kita butuh makan, nah makanan ini diolah menjadi energi untuk kita bergerak ) 


Energi Kinetik 

Energi kinetic merupakan suatu energi yang berhubungan dengan keadaan gerak suatu objek/benda. Energi kinetic ini bila dihubungkan dengan kecepatan dan massa maka dapat dituliskan sebagai : 


Satuan dari energi, baik itu energi kinetic maupun energi potensial adalah Joule 

Work ( kerja ) 

Apabila kita telah memiliki energi dari system atau objek yang kita tinjau, dan sekarang kita mengubah kecepatan dari system atau objek tersebut, maka dapat dikatakan kita telah melakukan sebuah kerja. Kerja pada dasarnya adalah upaya kita yang kita lakukan dalam merubah kondisi dari system atau objek yang kita tinjau. Bila dihubungkan dengan gaya maka, kerja merupakan energi yang ditransfer pada objek dalam artian gaya yang berkerja pada objek tersebut, dengan energi yang ditransfer ke system merupakan kerja positif dan energi yang ditransfer keluar system dinamakan kerja negative. 

Nah sekarang kita akan mencari bentuk atau ekspresi matematis dari Kerja yang bersesuaian dengan gaya yang diberikan pada suatu system. Sekarang mari kita ambil tinjauan sebuah benda yang diberi gaya pada arah x. Jika dituliskan maka hubungan gaya dan massa serta percepatan dari benda adalah sebagai berikut 


Dari persamaan gerak pada arah x kita ketahui : 

Dan 

Dari dua persamaan ini ada masalah yang timbul bila kita ingin merubah bentuk persamaan F, hal yang paling utama adalah kita tidak mengetahui berapa selang waktu antara perubahan kecepatan. Maka dari itu hal yang harus dilakukan adalah mengubah bentuk persamaan (3) menjadi tanpa t. 

Dari persamaan (2) kita dapatkan : 


Nah sekarang kita subtitusikan hasil dari t ke persamaan (3) : 




Setelah persamaan 4 didapatkan maka langkah selanjutnya kita ubah bentuk persamaan 4 menjadi bentuk dari dan subtitusikan ke persamaan F diketahui ( x-xo=d ). 


Subtitusikan ax ke persamaan F : 


Dan sekarang kita dapatkan : 


Nah bentuk ini dapat kita tuliskan lagi menjadi lebih sederhana : 


Sekarang kita sudah mendapatkan persamaan matematis dari kerja, yaitu kerja sebagai suatu perubahan kecepatan sebanding dengan gaya yang diberikan pada benda atau system tersebut dikalikan dengan jarak yang ditempuhnya. Baiklah itu saja yang dapat aku bagikan kali ini semoga dapat berguna dan bermanfaat ya, dan jangan lupa share postingan ini ya ... terimakasih

dan untuk referensi tambahan kalian juga dapat mengunjungi wiki tentang energi ya :D
Share:

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Powered by Blogger.

Follow by Email

Calculus

Translate

Kategori

Energi Kinetik dan Kerja ( work ) : Soal dan Pembahasan

Heyyo selamat datang di eroniana, apa kabar kalian? semoga baik-baik saja ya. Baiklah pada postingan kali ini aku mau mengerjakan contoh so...